Modifikasi Skuter Matic Jadi Skutrail
Banyak orang yang mengira bahwa motor matic hanya cocok untuk para wanita. Pasalnya dari desain body memang sangat cocok untuk wanita, namun saat ini sudah banyak pria bahkan anak remaja yang saat ini banyak yang menggunakan motor matic. Walaupun dengan desain yang terlihat feminim ternyata masih bisa dirubah dengan gaya anak muda yang menjadi terlihat kekar dan garang. Salah satu bengkel yang ada di Malang berani mengubah skuter matic ini dengan basic Honda Beat yang dirubah menjadi motor trail dengan mencari bahan info otomotif yang siap untuk menerjang sirkuit tanah berlumpur.
Perancang dan juga yang memiliki skuter matic Honda Beat ini ialah Zulkifli Lubis, dirinya hanya menggunakan dua bahan vital dari motornya yakni CVT dan mesin yang masih standar yang akan dijadikan komponen dari motor trail tersebut. Sedangkan untuk sasis dan rangka yang akan dibentuk menjadi motor trail ini Kifli menggunakan dua pipa besi dengan ukuran yang berbeda yang akan dibuat untuk sasis bagian bawah menggunakan pipa besi berbentuk kotak dengan ukuran 5 cm, sedangkan untuk sasis bagian atas menggunakan pipa bulat yang memiliki diameter 45mm. hal tersebut dilakukan karena untuk memberikan kesan yang kokoh dan tidak terlihat monoton.Sedangkan untuk bagian swing arm Zulkifli mencari referensi dari berita otomotif terkini menggunakan swing arm dari Honda CRF250 dengan bentuk hruf U yang terdapat dua pengancing di sisi kanan dan kirinya, namun yang dibagian tengah diberikan transfer gir dari CVT ke roda belakang yang terbuat dari rantai.
Namun untuk masalah swing arm tersebut di desain dengan lebih panjang karena tidak mendukung CVT untuk jenjang kaki motor trail. Nah yang menjadi masalah ialah pada pemasangan as gigi pasalnya skuter matic yang identik dengan linden tidak mendukung untuk rantai dan gir. Namun dengan keahlian yang dimiliki oleh Kifli dan dengan mencari info otomotif dalam merancang dengan as gigi yang di pasang dengan rumah kampas rem untuk sebagai penggerak, sedangkan untuk gir roda belakang di buat bagian sebelah kanan.
Dengan merancang skuter matic dijadikan untuk skutrail ini menjadi berita otomotif terkini yang menjadi trading topic dalam modifikasi. Zulkifli dalam merancang skutrail yang terakhir ialah masalah pada suspensinya yang menggunakan produk aftermarket dari Thailand. Namun dalam memasangnya ini Kifli harus mencari info otomotif terkait skutrail di internet yang akhirnya dalam memasangnya harus mengubah as komstir yang harus diperkecil terlebih dahulu pada as bawaan suspense dan mengubah bagian lubangnya untuk diperbesar.
Sedangkan untuk finishing Kifli membuat body skutrail ini didesain dengan warna merah yang membuat lebih garang dan terlihat kokoh. Selain itu, bagian bannya dirubah dengan ban tahu dari Swallow yang berukuran 110-21 untuk bagian ban depan dan bagian belakang dengan ukuran 140-180. Nah, semoga ulasan seputar , berita otomotif terkini ini bisa bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba. (Infootomotif.net)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar