Kamis, 10 Maret 2016

Perubahan Regulasi Baru MotoGP 2016



Perubahan Regulasi Baru MotoGP 2016


Dengan gelaran ajang dunia balap MotoGP yang dikabarkan berita terbaru motor akan segera dimulai di tahun 2016 ini maka pihak penyelenggara MotoGP sudah memberikan aturan baru atau regulasi baru MotoGP 2016. Hal ini seperti yang dikutip dalam berita terbaru motor bahwa keputusan untuk aturan yang baru ini sudah disepakati setelah ajang balap musim lalu setela dari MotoGP Qatar 27 Maret 2015. Seperti yang dilaporkan dari berita terbaru motor bahwa perubahan yang dilakukan meliputi dari teknologi mesin yang akan digunakan pada setiap kuda besi. Bahan bakar yang digunakan dan juga penggunaan ban dengan berpindah menggunakan ban Michelin. Hal tersebut dikabarkan dalam berita terbaru motor memang untuk kontrak dengan pabrikan ban Bridgestone sudah usai.
Sebenarnya regulasi baru terhadap MotoGP 2016 yang akan dilaksanakan tersebut di nilai dalam berita terbaru motor memang mengingat hasil dari beberapa musim yang hanya di dominasi oleh tim pabrikan tertentu saja. Dengan adanya perubahan ini juga diharapkan adanya persaingan baru yang akan muncul dari setiap tim pabrikan seperti Ducati, Suzuki, Aprilia, Honda dan Yamaha. Pasalnya dalam catatan berita terbaru motor bahwa dalam 4 tahun terakhir ini untuk podium hanya ditempati oleh Yamaha dan Honda saja. Namun untuk penggunaan ban ini di informasikan berita terbaru motor bahwa akan banyak adaptasi dari setiap rider yang sebeumnya terbiasa menggunakan ban dari bridgestone.
Untuk masalah mesin yang akan digunakan dikabarkan dalam berita terbaru motor bahwa setiap tim bisa melakukan perubahan mesin dalam satu musim sebanyak tujuh kali, hal tersebut diberikan kelonggaran terhadap kelas terbuka agar tetap bisa bersaing dengan tim lainnya. Perubahan regulasi baru untuk MotoGP 2016 ini juga diinformasikan dalam berita terbaru motor bahwa setiap kelas terbuka akan dimudahkan dengan menggunakan tangki yang berkapasitas bahan bakar 22 liter yang berbeda dengan kelas pabrikan yang harus menggunakan kapasitas bahan bakar sejumlah 24 liter. Namun dengan perubahan kapasitas bahan bakar ini malah menunjukan berat yang lebih berkurang yang sebelumnya 158 kilogram dan menjadi 157 kilogram.
Namun untuk penggunaan perangkat lunak akan dilakukan pembagian seperti yang diliput oleh berita terbaru motor bahwa strategi penggunan software terpadu pada 2016 ini akan didasarkan dengan versi lama yakni di musim 2015, namun aturan ini ditetapkan untuk kelas Open. Selain itu juga ada aturan yang seperti hasil lansiran dari berita terbaru motor jika dalam penggunaan perangkat lunak ini secara resmi diminta oleh pihak Honda, Yamaha dan Ducati maka Magneti Marelli selaku penyedia perangkat lunak juga harus menyediakan untuk ketiga pabrikan tersebut namun untuk masalah biaya akan ditanggung oleh pihak produsen. Dikabarkan juga dalam berita terbaru motor bahwa ada keringanan bagi tim manufaktur yang selama musim 2014 hingga musim 2015 belum pernah merasakan kemenagan.
Kelonggaran atau keringanan tersebut seperti yang dilaporkan oleh berita terbaru motor akan hilang jika masuk dalam kriteria yang sudah ditetapkan, untuk kelonggaran ini akan ditetapkan dengan sitem perhitungan poin seperti Podium 1 : hilang 3 poin kelonggaran, jika podium 2 : hilang 2 poin kelonggaran dan podium 3 : hilang 1 poin kelonggaran. Hal ini dinilai berita terbaru motor menjadi salah satu perubahan yang dilakukan oleh pihak penyelenggara MotoGP 2016 yang menguntungkan tim kelas terbuka untuk menyeimbangi dengan kelas pabrikan. Namun kelonggaran yang didapat juga akan cepat hilang karena mereka tim kelas terbuka akan dengan mudah menyamai kelas pabrikan. (Infootomotif.net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar